Nonconformities

Definisi nonconformities atau ketidaksesuaian menurut ISO 9000:2000 adalah sebuah ketidakmampuan dalam memenuhi persyaratan.

Kategori ketidaksesuaian :
  1. Kategori Minor, adalah suatu kegagalan untuk memenuhi salah satu persyaratan dari sub klausul ISO 9001 atau ketidaksesuaian yang terjadi dalam implementasi suatu persyaratan dari prosedur sistem manajemen mutu yang ditetapkan oleh perusahaan. Beberapa kategori minor dapat berpotensi mengakibatkan rusaknya sistem dan mungkin dapat berkontribusi menjadi kategori mayor.
  2. Kategori Mayor, adalah apabila terjadi kegagalan total pelaksanaan suatu proses untuk memenuhi persyaratan ISO 9001 secara lengkap dan menyebabkan kerugian atau berpotensi merugikan kepuasan pelanggan. Pada kategori ini biasanya perusahaan yang bersangkutan “tidak direkomendasikan” atau dapat terjadi pencabutan status akreditasi apabila perusahaan itu telah terakreditasi.

Informasi laporan ketidaksesuaian yang diberikan auditor kepada pihak auditee (perusahaan) dapat menentukan apa, dimana, dan bagaimana tindakan perbaikan yang akan dilakukan untuk menyelesaikan akar permasalahannya. Tindakan perbaikan yang dibutuhkan diputuskan sendiri oleh auditee dan diawasi oleh auditor. Apabila temuan ketidaksesuaian telah diselesaikan oleh auditee pada saat proses audit berjalan, maka temuan tidak dibatalkan, akan tetapi dapat dibuat catatan bahwa ketidaksesuaian tersebut telah diselesaikan untuk diperiksa selanjutnya.