Puskesmas Pondok Gede Kota Bekasi Lulus Sertifikasi ISO 90012008

Dalam Closing Meeting kegiatan Audit Eksternal yang dilakukan oleh Tim Auditor dari Sucofindo, Puskesmas Pondok Gede Kota Bekasi dinyatakan lulus meraih sertifikasi ISO 9001:2008 setelah melewati beberapa tahapan prosedur penilaian yang disyaratkan dalam audit eksternal. Persyaratan untuk meraih sertifikasi ISO 9001:2008 sudah dipenuhi Puskesmas tersebut meski masih ada sekitar 6 poin minor yang harus dilengkapi.

Audit terhadap sistem penilaian dilakukan melalui 2 tahapan yaitu, pemenuhan standard dan kesesuaian dengan implementasi di lapangan. Dari temuan tim auditor, tidak ditemukan kesalahan fatal di tingkat major namun ada 6 poin ketidaksesuaian di tingkat minor dan 4 poin Observasi.

Tim Auditor meminta pihak Puskesmas Pondok Gede memperbaiki kekurangan yang ditemukan dan diharapkan bisa terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Apabila dalam kurun waktu enam bulan grafik kualitas pelayanannya semakin menurun, maka sertifikat ISO 9001:2008 yang diterima bisa dicabut kembali karena dinilai tidak mampu mempertahankan standard dari ISO tersebut.

Konsultan Sutendi SE yang saat itu juga hadir menuturkan, bahwa tidak ada yang betul seratus persen dalam penilaian pemenuhan standar. “Yang terpenting tidak ada kesalahan fatal (mayor) dalam temuan, yang artinya auditee benar-benar tidak sanggup memenuhi standar yang disyaratkan. Tapi jika temuannya tingkat minor tidak akan mempengaruhi untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008, namun kekurangan (ketidaksesuaian) tersebut harus diperbaiki”, ujarnya.

Konsultan ISO dari PT Delta Cipta Mandiri itu juga menambahkan agar seluruh staf di Puskesmas Pondok Gede agar tidak takut dengan temuan-temuan tim auditor. Temuan tersebut justru menjadi tantangan ke depan dengan mengejar ketertinggalan tersebut ke arah yang lebih baik.

Menurutnya, itu merupakan tugas sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat agar merasakan kepuasan dan kenyamanan. Namun dalam kurun waktu 6 bulan ke depan, kekurangan-kekurangan yang ditemukan harus segera diperbaiki.

Sementara itu Kepala Puskesmas Pondok Gede dr. Hj. Vevie Herawati mengaku gembira dengan hasil akhir penilaian tim auditor yang meluluskan persyaratan untuk meraih sertifikat ISO 9001:2008 setelah melalui tahapan panjang.

Kesuksesan ini katanya, berkat dukungan dan kebersamaan seluruh petugas yang terlibat untuk terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat tanpa kenal lelah, serta komitmen bersama dalam penerapan standar ISO 9001:2008 yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. Ia juga meminta kepada seluruh staf di Puskesmas Podok Gede agar terus memperbaiki kekurangan yang ditemukan dan diharapkan bisa terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.