SA 8000

Pengantar

Jika ingin tetap dapat meningkatkan nilai kompetitif di dalam persaingan bisnis, sebuah Perusahaan tidak hanya harus memiliki produk atau layanan dengan mutu yang baik, tetapi juga dapat memelihara lingkungan kerja yang sehat dan mempunyai tanggungjawab sosial terhadap masyarakat luas. SA 8000 adalah sebuah program sertifikasi swasta sukarela yang telah disusun oleh organisasi non pemerintah Social Accountability International (SAI) yang bertujuan untuk menciptakan kondisi kerja yang lebih baik. Standar SA 8000 adalah berdasarkan pada berbagai norma internasional yang berlaku di tempat kerja termasuk yang berhubungan dengan keadilan sosial, hak-hak para pekerja dan kondisi kerja.

Sertifikasi SA 8000 menentukan standar minimum yang harus dipenuhi berkaitan dengan kondisi kerja guna menjamin lingkungan kerja yang aman dan sehat, kebebasan berserikat dan mengadakan perjanjian kerja kolektif dan strategi perusahaan guna mengatur berbagai permasalahan sosial yang terjadi di tempat kerja. Juga terdapat berbagai peraturan mengenai jam kerja, upah, pencegahan diskriminasi, dan penggunaan pekerja anak atau kerja paksa.


Tujuan Konsultasi

Perusahaan akan diberikan pengetahuan mengenai konsep dan metode kerja yang efektif dan efisien dalam mencapai pemenuhan tanggungjawab sosial dari perusahaan guna memenuhi persyaratan standar berdasarkan norma-norma internasional, seperti konvensi ILO (International Labor Organization) dan Deklarasi Hak Azasi Manusia seta konvensi hak-hak anak PBB. Persyaratan (standar) itu meliputi : pekerja anak; kerja paksa; tempat kerja yang sehat dan aman; kebebasan berserikat dan perlindungan hak untuk berasosiasi; diskriminasi; penegakan disiplin; jam kerja; upah yang layak.

Tenaga profesional kami siap bermitra bersama Anda pada setiap tahapan konsultasi dan bimbingan untuk penerapan metode dan strategi dalam meraih sertifikat SA 8000.


Manfaat

Manfaat diterapkannya SA 8000 :

  • Mewujudkan kondisi lingkungan kerja yang sehat, aman dan sesuai dengan perikemanusiaan berdasarkan pada norma-norma sosial.
  • Komitmen terhadap standar-standar sosial dan etika akan membantu perusahaan untuk menarik tenaga kerja yang terlatih dan terampil serta dapat mempertahankan para pekerja.
  • Komitmen perusahaan untuk kesejahteraan karyawan akan meningkatkan loyalitas dan komitmen terhadap perusahaan. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan produktivitas organisasi, tetapi akan memudahkan perusahaan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif, menarik pelanggan baru dan memasuki pasar yang baru. Juga menjadikan hubungan pelanggan yang lebih baik dalam jangka panjang.
  • Menerapkan standar akan menyebabkan keyakinan lebih besar bahwa produk dan jasa yang dihasilkan dari sebuah lingkungan kerja yang adil dan aman. Persyaratan peningkatan yang berkelanjutan, kebutuhan audit reguler pihak ketiga dan sertifikasi adalah dasar untuk meningkatkan reputasi perusahaan dan citra perusahaan yang lebih baik.