ISO 9001:2008

Pengantar

Suatu perusahaan, baik perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa, untuk dapat meningkatkan daya saingnya membutuhkan suatu sistem manajemen terpadu yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Sistem manajemen ini telah diberlakukan secara internasional dan dikenal sebagai sistem manajemen mutu ISO 9001 ini akan merasakan adanya peningkatan produktifitas yang bermuara pada peningkatan kepuasan pelanggan. Selain itu, penerapan ISO 9001 merupakan sarana promosi (instrumen market) yang baik bagi perusahaan untuk memperluas pasar yang ada baik nasional maupun internasional.


Tujuan Konsultasi

Melalui program jasa konsultasi ini, perusahaan akan diberikan pengetahuan mengenai konsep manajemen mutu sesuai standar ISO 9001 dan prosedur yang mendukung proses produksi / jasa untuk memenuhi persyaratan standar internasional tersebut. Selanjutnya perusahaan akan didampingi dan dibantu dalam meraih sertifikat ISO 9001 sebagai bukti komitmen perusahaan terhadap penerapan standar mutu internasional. Dengan telah diraihnya sertifikat tersebut berarti perusahaan telah mencapai sistem manajemen dengan Standar Mutu Internasional.


Metode

Metode yang dilakukan terbagi atas beberapa tahapan, yaitu :
  1. Kunjungan awal / penilaian diagnostik.
  2. Penyusunan Tim ISO 9001 dan program kerja proyek.
  3. Pelatihan pengenalan, dokumentasi dan audit internasional ISO 9001.
  4. Perencanaan dan pengembangan Sistem Manajemen Mutu.
  5. Penerapan.
  6. Audit konsultasi.
  7. Konsultasi pasca sertifikasi dan tindakan perbaikan.